Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan. Arcade sendiri menawarkan metode berlangganan bagi pengguna untuk bermain game sepuasnya. Nantinya para konsumen harus membayar setiap bulannya agar para gamer dapat mengakses library game tersebut.

Apple Arcade adalah layanan gaming berbasis subscription. Artinya, pengguna perlu membayar biaya tetap setiap satu bulan tanpa ada biaya tambahan.

“Game berbayar seringkali disukai dan diterima oleh pemain, namun untuk bersaing dengan (game) gratis merupakan hal yang sulit, sehingga game (berbayar) terbaik hanya akan dapat memiliki pemain yang lebih sedikit (daripada game gratis),” ungkap Apple saat mengumumkan layanan terbaru ini.

Nantinya, game game yang ada di arcade akan dapat dimainkan pada platform manapun dalam ekosistem Apple, termasuk iOS, Mac, dan Apple TV. Untuk memainkan game tersebut, nantinya aplikasi App Store akan diperbaharui untuk memiliki “tab” baru khusus untuk layanan Apple Arcade.

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Tentunya, tidak akan ada iklan dan biaya tambahan lainnya. Game yang disediakan dapat dimainkan layaknya game berbayar pada umumnya. Game tersebut juga nantinya akan dikembangkan lebih lanjut, mulai dari konten baru dan pembaharuan lainnya.

Apple sendiri mengatakan bahwa mereka terus membantu untuk masalah dana untuk pengembangan perangkat lunak di Arcade. Selain itu, Apple juga menyediakan mode offline yang mana pengguna bisa mendowload game dan memainkannya tanpa perlu tersambung internet.

Apple kali ini hanya mengumumkan layanan terbaru mereka, bukan merilis hal tersebut ke dunia publik. Kemudian, akan terdapat fitur “Family Sharing” pada layanan ini. Fitur ini memungkinkan 6 orang lain atau anggota keluarga untuk mendapatkan akses yang sama. Syaratnya adalah memiliki kartu kredit yang sama dan sudah terasosiasi dengan Apple ID.

Apple Perkenalkan Arcade Kepada Developer Game ?

Apple mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pengembang game lain, baik indie hingga pengembang besar. Nantinya, mereka harus membuat game yang “baru dan eksklusif” untuk layanan Apple Arcade.

Kemudian, game yang dibuat adalah game dengan konten orisinil. sehingga bukanlah game hasil port atau remake.

Saat ini, Apple diketahui sudah memiliki hubungan kerja sama dengan Annapurna Interactive, Bossa Studios, Cartoon Network, Finji, Giant Squid, Klei Entertainment, Konami, LEGO, Mistwalker Corporation, SEGA, Snowman, ustwo games, dan berbagai pengembang lainnya.

Nantinya akan terdapat juga keuntungan bagi pengembang apabila berpartisipasi untuk membuat game di layanan terbaru Apple ini. Perusahaan teknologi ini akan memberikan dana atau subsidi untuk biaya pengembangan game.

Nantinya, Apple akan memilih game apa saja yang akan tersedia di layanan mereka.
Dikutip dari MacRumors dan The Verge. Pada saat layanan ini resmi rilis, dipastikan akan tersedia kurang lebih 100 game dengan berbagai macam genre dan cara bermain.

List Game Yang Tersedia di Apple Arcade

Saat ini, baru diketahui beberapa game saja yang dipastikan akan tersedia. Berdasarkan info dari web resmi Apple, berikut adalah sebagian kecil dari game tersebut:

Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm: Game action-adventure yang memiliki unsur eksplorasi, pertarungan, dan dungeons.

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Beyond a Steel Sky: Game dengan genre fiksi ilmiah era 90an dengan tema kota dystopia yang dikendalikan oleh sosok kecerdasan buatan (AI).

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Hot Lava: Layaknya imajinasi anak kecil, game ini memiliki misi untuk menghindari lantai yang berupa lava dengan cara berlari, melompat, dan lain-lain.

Apple Perkenalkan Arcade, Sebuah Layanan Game Berlangganan

Masih banyak game-game lainnya yang sudah pasti akan tersedia di Apple Arcade saat sudah resmi rilis nanti. Game tersebut antara lain adalah No Way Home, The Artful Escape, The Bradwell Conspiracy,Projection: First Light. The Construct, Doomsday Vault,Repair, Enter the Construct, Fantasian, Winding Worlds. Hitchhiker, Kings of the Castle, Lego Arthouse, Lifelike, Monomals. Mr. Turtle,Heart of the Elder Tree, Overland, Box Project, Down in Bermuda, Sayonara Wild Hearts. Shantae 5, Sneaky Sasquatch, Sonic Racing, Spidersaurus. Cardpocalypse, UFO on Tape, Frogger in Toy Town, dan Yaga.

Nantinya Arcade akan tersedia di lebih dari 150 negara. Sayangnya belum diketahui berapa biaya untuk berlangganan layanan game premium ini.